Wednesday, July 7, 2010

Tergulung Ombak Kuta

sekarang hari Rabu,

berarti tepat satu minggu yang lalu kejadian ini terjadi....

----

setelah berjalan-jalan sendirian menelusuri daerah Kuta, gue dan teman-teman lain pun bertemu di pantainya...

pantai Kuta adalah sehari-hari gue di Bali, tiada hari tanpa ngelewatin pantai tersebut....

gue dan temen-temen ngobrol-ngobrol, makan dan foto-foto di pantai hingga sore...

ombak di depan melambai-lambai bakaikan lambaian tangan yang selalu mengajak gue untuk berenang

desiran ombak bagai berkata, "ayo sini.... berenang..."

gue dan teman-teman pun ga kuat iman, ga tahan....

"AYO KITA COBA SURFING!!!!"


arman, emir, mahdi, dan pandu menyewa papan surfing....

sebelumnya mereka melepas pakaian mereka di tempat basuh yang lumayan jauh dari titik pantai yang siap kita selami....

karena nafsu gue udah membabi buta ngeliat gulungan ombak...

akhirnya gue lepas pakaian di situ juga (males ke ruang ganti)

jadi hanya dengan ditutup anduk, gue ngebuka celana dan CD gue, lalu memakai celana renang....

setelah pas di pinggul...

langsung lah gue jalan menerobos ombak-ombak kecil...

dari yang awalnya air hanya semata kaki,,,

air sepaha....

air sedada....

hingga air seleher....

ya, saat itu gue masih kegirangan sendirian di pantai....

anak-anak surfer "asek" lain masih belum dateng, masih pada ganti baju palingan....

warna pantai saat itu udah biru kecoklatan....

matahari udah mulai redup, ga nyengat lagi....

air seperti ga jernih lagi....

angin juga semakin kencang....

dengan kepolosan gue saat itu, gue cuma merasa "gue bisa berenang" jadi gue tenang aja....

gue juga masih belum percaya dengan bagaimana ombak bisa menarik seseorang ke tengah laut (yang gue tau ombak malah bikin orang ke pinggiran)

baru beberapa menit gue mengapung-apung di air... tiba-tiba gue tersadar...

gue mulai merasa lelah

kaki gue ga bisa nginjek tanah...

sebelah-sebelah gue sepi, orang-orang terlihat jauh di depan gue....

gue inget, hanya ada satu orang mas-mas bengong ngeliatin gue, posisinya disebelah kiri gue... tapi lebih beberapa meter di depan gue dan dia memakai papan surf....

BLARRR!!!!

gue dikocok ombak....

mata gue perih ga bisa liat apa-apa...

air juga udah mulai masuk keidung....

gue berpikir, "oke saatnya gue balik ke pantai...."

tapi itu pertama kali gue ngerasain, gimana rasanya berenang tapi mundur....

badan gue kerasa ditarik ombak ke tengah laut....

gue panik

di otak dan pikiran gue cuma ada gambar-gambar koran bertuliskan "ANAK HILANG DI PANTAI", "PEMUDA TERMAKAN OMBAK" dan lain-lain...

"gue ga mau mati di laut, ngeri sendirian"

gue mulai ngeliat ada sosok pria berkaos merah membunyikan pluwid sambil berkata "BAHAYA-BAHAYA!!"

kadang terlihat, kadang muka gue ketutup ombak lagi....

ya... gue tau ini bahaya... gue pengen berenang kesana tapi badan gue ketarik-tarik ombak...

gue ngos-ngosan... capek...

tapi Alhamdulillah....

saat itu juga gue bisa berpikir... untuk memposisikan tubuh gue mendatar dan berusaha mengikuti arus atas (ombak atas)....

jadi perlahan-lahan gue bisa kepinggir...

dengan sedikit rasa tenang, tetapi malu... sang life guard itu bilang ke gue dengan nada emosi, "JANGAN MAIN DISITU, INI KAN SUDAH ADA TANDA BENDERANYA! MAIN SEBELAH SANA!"...

gue menagguk-angguk...

...

ketepian dan ketemu genta, salah satu temen gue.... "gen, gue hampir mati...."

akhirnya gue main-main dipinggiran aja sendiri... di tempat yang lebih dangkal dari tempat anak-anak kecil main ombak...

mental gue saat itu mencuit sekecil biji kacang ijo....

-----

geng surfer udah mulai berenang...

emir, mahdi, arman dan pandu....

gue belum sempet ceritain kejadian gue.... tapi yang jelas tiba-tiba gue bernafsu pengen nyewa papan surfer juga...

akhirnya gue dan genta nyewa papan surfer... jadi lah enam-enamnya bermain papan surfer...

dengan perasaan yang masih trauma... gue main papan surfernya dipinggir-pinggir aja...

----

----

lagi asik-asik main...

gue ngedenger suara puit lagi....

sekarang malah lebih heboh keliatannya...

semua orang tertuju ke satu titik....

gue pun nengok...

dan...

GUBRAK!!!!

sekarang giliran si arman dan emir lagi kegulung-gulung ombak....

BWAAHAHAHAH gue ketawa.... ngeliat mereka keguling-guling.... <-- jahat

tapi tunggu, saat itu dalam pikiran gue, gue cuma ngetawain karena mereka ga bisa surfing...

....

tapi lama-lama gue malah jadi bengong....

karena bentuk mereka semakin mengecil...

dan gue yakin, mereka ngerasain apa yang gue rasain sebelumnya....

dan ternyata benar....

mereka lagi diguling-gulingkan ombak.... ditarik arus bawah...

kecil disana, dikejauhan... mereka berusaha naik papan, lalu terbalik...

kadang papannya muncul, orangnya ga muncul....

INI BAHAYA! GAWAT!!

semua orang juga udah mulai nunjuk-nunjuk ke arah arman dan emir yang sedang digulung-gulung itu...

tapi kaya ga ada yang bisa bantu....

pria berpakaian merah dan mas-mas penyewaan papan tereak-teraeak marah, "SUDAH SAYA BILANG BATASNYA SELEHER"

"BAHAYA-BAHAYA!!!"

ya, gue juga cuma bisa menyaksikan kejadian ini... beberapa menit gue seperti sedang menonton film action dimana saat-saat genting sedang berlangsung...

....

tapi Alhamdulillah berakhir dengan happy ending, karena mereka selamat sampai ke tepian...

arman dan emir pun ga beda jauh dengan gue, jadi menciut... dan mainan di pinggir pantai aja...

gue coba samperin si arman dan emir...

"lo kenapa barusan?"

"gila itu ombaknya, gue udah kaya ngeliat cahaya dari surga", kata Arman

" saking kebanyakan tenggelemnya, sampe gue bisa melek di air laut", kata emir...

ga lama setelah kejadian-kejadian yang menimpa tiga anak termasuk gue itu, akhirnya gue bilas dan sesegera mungkin menjauhi pantai yang ombaknya mulai mengganas...

di otak gue cuma terngiang-ngiang "oh gitu rasanya ditarik ombak"...

lalu gue dapet info dari mas-mas penyewaan papan, "baru aja dua hari yang lalu udah tiga orang hilang disitu"

-_-'

kenapa ga bilang dari awal....

"makanya besok-besok saya ajarin dulu sirfing cuma 150rb" <-- ujung-ujungnya tetep bisnis....

=========================================

semua misteri itu terungkap keesokan harinya, saat gue sedang jalan-jalan di depan pantai Kuta, tepatnya pantai di depan HARRIS RESORT, tempat dimana hampir gue, emir dan arman mati....

gue ngeliat ada plank dengan tulisan "DILARANG BERENANG, MANDI DAN (gue lupa) DISINI KARENA ARUS BERBAHAYA"

"...."

gue memecahkan satu teka-teki.... "ga heran.... kenapa tempat bilas jauh banget dari titik tersebut...."

di kawasan BERBAHAYA, SORE hari, ANGIN sudah berhembus KENCANG, 1 anak bermain OMBAK tanpa bekal teknik renang yang benar, dan 2 anak lain sedang COBA-COBA surfing.

rasanya ga heran kalau kita hampir mati....

tapi Allah masih memanjangkan umur kita.... Alhamdulillah....

No comments:

Post a Comment