Thursday, March 18, 2010

Squimbi, si tupai kecil

saat sedang keluar BIP (Bandung Indah Plaza) gue ngeliat banyak abang-abang penjual binatang lucu-lucu. gue pun tergiur. Pertama cuma iseng-iseng ngeliat anjing, 'wah lucu, tapi gue ga suka anjing".

terus ngeliat kucing miau imut warnanya abu kebiruan yang kemudian gue tanya abangnya,

"ini kucing apa a? (kok bisa biru? di cat ya...)",

"itu blue russian cat dek".

"wah keren banget namanya".

setelah puas mengelus-elus kucing dan mengecewakan abangnya (karena tidak jadi beli), gue pun beranjak ke tempat hewan-hewan kecil.

hm... ada hamster... lucu tapi gue ga suka matanya, terlalu bulat, hitam dan kaya pengen copot. tingkahnya juga membosankan.

sampai akhirnya sampailah gue ke abang penjual tupai-tupai.

"wah apaan nih bang?"

si abang langsung ngeluarin tupai itu dan naro ditangan gue....

"ini tupai kelapa"

lucu juga, tuh tupai ngeringkuk di tangan gue...

si abang bilang, "itu artinya jinak de! dia udah tau tangan manusia"

gue pun langsung jatuh hati pada genggaman pertama,

ditambah lagi si abang terus mengelabui pikiran gue dengan kalimat-kalimat dagangnya. seperti;

"tupai ini bisa hidup sampe 5 tahunan"

"tupai ini gampang, tinggal dikasih pisang doang, satu pisang cukup 3 hari"

"tinggal ditaro aja pisangnya, ntar juga dia makan sendiri"

"tupai mah ga bau"

"dia jinak, ade kemana-mana tinggal taro ke kantong aja"

wrrrr wrrrr

akhirnya DEAL gue beli tu tupai.... <-- gampang kebujuk

gue dikasih bonus aquarium kecilnya itu dan sedikit serbuk kayu....

selama perjalanan tuh tupai selalu tidur dikandangnya, sesekali gue comot ketangan, dia tetep tidur.... cuma melek sebentar untuk nyari posisi.

sampe kosan,

si tupai masih tidur.

saat itu juga gue kasih dia nama SQUIMBI!!!

SQUIMBI = SQUIREL + EMBI

nama yang bagus....



malam itu juga langsung gue fotografiin untuk gue pamer ke temen-temen. sekaligus memperkenalkan nama Squimbi ke yang lain.

detik demi detik, menit demi menit hingga jam... Squimbi terus tidur, lebih pemales dari kebo. bener-bener ga mau main, ga mau makan dan lain-lain. melek cuma cari tempat anget terus tidur lagi.

gue mulai curiga...

besoknya gue beliin satu iket rambutan, pisang. gue juga dikirimin susu untuk tupai dari temen gue di Jakarta yang juga melihara tupai. tapi semuanya percuma, makannya sedikit banget, malah bisa dibilang hampir ga ada yang masuk. sampe gue suapin juga tetep ga bisa. pas gue gendong, si tupai selalu merem dan tidur lagi. tangan gue udah kaya kasur yang paling enak bagi dia kayanya.

gue pun tambah curiga....

PARAH! ga salah nih tupai? jam tidurnya kok lebih lama dari jam tidur gw. malah hampir 24 jam diabisin buat tidur. gue pun mulai lelah dan kesel. "woi kenapa tidur melulu", gue juga mulai stress karena bulu Squimbi ga lagi berdiri, badannya mulai mengurus, bulu-bulunya yang tadinya cerah jadi menggelap.

setelah gue baca-baca tentang PET tupai di forum dan nanya-nanya para pemelihara tupai, gue bisa mastiin klu ternyata Squimbi udah sakit sejak gue beli. soalnya katanya seharusnya tupai itu lincah, liar. klu pun dipegang, harusnya naluri naik-naik ke punggung manusia itu ada, beda dengan si Squimbi yang diapain aja tidur (yan penting anget).

tiba lah hari ke-empat gue bersama si Squimbi.

keadaannya nambah memprihatinkan, tambah SANGAT kurus, dan hari ini dia sama sekali ga mau melek. udah gue paksa buka matanya cuma bertahan beberapa detik dan langsung merem lagi.

dan lebih parahnya lagi, pas gue taro dia di ubin yang dingin pun dia ga bergerak (padahal kemarin-kemarin dia langsung cari-cari tempat anget), sekarang tampak begitu pasrah.

gue udah mencium tanda-tanda ajal menjemput.

jujur gue stress banget hari itu, gue kasian sekaligus kesel. gue sodorin susu sambil ngomong sama si tupai.

"TUPAI jangan sakit dong, minum...."

"....."<- diem, merem

"minuuuuuuuuuummmm pliss..."

"....."<- tetep diem, tetep merem

"Astaghfirullahaladzim" <- gue udah mencapai puncak stress gue saat itu.

sekita jam 6-an sore pada hari yang sama, kejadian-kejadian menyeramkan sekaligus menyedihkan terjadi pada tupai dan langsung disaksikan oleh gue.

gue yang lagi berusaha menyuntikan susu kepada si Squimbi, tiba-tiba dia tereak menciut-ciut layaknya tikus. gue kaget, dia gigit sana gigit sini, badannya juga muter. karena takut, langsung gue taro di kandang lagi.

Astaghfirullahaladzim, ya Allah kenapa ini.... si Squimbi terus jungkir balik kesana kemari... badannya menegang, kepalanya mendongak keatas seolah-olah badannya dijerat tali yang kuat. gue stress, pusing dan bingung. gue mencoba megang tapi ketika gue sentuh, Squimbi langsung muter kesegala arah.

oke-oke... gue langsung ke kasur, megang kepala gue dengan kedua tangan. menandakan klu perasaan dan emosi gue saat itu bercampur aduk. tiga hari bersama Squimbi yang sudah lalu tiba-tiba muncul di pikiran gue seperti rekaman video kusut. ga bisa dipungkiri, akhirnya air mata gue menetes.

dipojok sana gue masih bisa ngedenger suara cakaran Squimbi dan suara ciutannya....

gue ngedeket ke boxnya, gue liatin.... gerakannya udah ga seheboh sebelumnya, perlahan-lahan mereda....

gue terus ngeliatin sambil berkata dalam hati, "cepet mati ya Squimbi biar ga usah lama-lama kesiksanya...."

gue ngeliatin dia selama hampir setengah jam.....

dari yang badannya begerak sampai dia diem....

gue sentuh dia lagi...

badannya udah kerasa kaku dan mendingin....

Squimbi udah bisa gue angkat lagi....



udah ga ada nafas....

badannya diem... kaku...

gue cium badannya, masih harum rambutan campur sedikit susu....

gue pun langsung menguburnya di depan kosan....

akhirnya dia bersatu dengan tanah lagi.... masa-masa beratnya udah berhasil dia lewatin....

Goodbye Squimbi...

25 comments:

  1. Aw so sad!!! Innalillahi wa innalillahi rojiun T.T

    emang begitu sih mbi tukang penjual pet :(

    Dulu kroten juga gitu, karapasnya lunak n ga lama membusuk disana sini...sy harus ngejemur dia mulu...pake obat anti bakteri ikan...wah pokoknya segala cara deh.

    Tp beda dgn Squimbi...kroten hidup dan lincah bgt :)

    ReplyDelete
  2. I'm really sorry to hear 'bout Squimbi... awalnya gue udah hepi2 pas baca dan liat foto awalnya Squimbi dan sempet kepikiran buat miara tupai juga... tapi koq jadinya malah sad ending... hix.. gue jadi inget hamster gue yang dulu juga menghembuskan nafas terakhir di tangan gue.... hix

    Salam kenal ya

    ReplyDelete
  3. Im sorry bout your Squimbi..

    Nice story bro..sepertinya berbakat untuk membuat cerpen atau novel..

    keep writing,,

    ReplyDelete
  4. Uwaaaaa matinya sedih bgt mbi.. DX

    btw lo kasih susu apa sih? tupai bukannya ga boleh dikasi susu ya?
    waktu itu gw jg kecantol ama tupai mbi..kebujuk ama mang2nya, akhirnya gw beli tupai terbang..kecil, lucu bgt, buntutnya gepeng..
    pas awal2 lincah n berisik bgt, lompat2 mulu di kandang kek stress gt pgn keluar..
    tp syg bgt dia cm bisa tahan seminggu..kyknya dia mencret2 gara2 gw kasi biskuit yg mengandung susu... :((

    emg tupai kyk gini gabisa dipiara kalo ga punya kandang yg luas yg bisa buat tempat dia loncat2 deh..

    ReplyDelete
  5. aku punya tiko, jtuh dari pohon saat mata belum terbuka, umur 2 mingguan kali, awalnya bingung bgmana ngerawatnya, tp akhirnya hidup juga tuh sampe skarang, nakalnya minta ampun, cuma tak taruh kotak, ak ak buatkan kandang...........loncat sana-loncat sini didalam rumah..........kalo dipanggil langsung lompat ke tangan.......................
    lucu...................................

    ReplyDelete
  6. Gua juga punya tupai nih bro , gua maenin tiap hari eh mati setelah seminggu gara'' gua kasih semangka , mungkin mencret'' kali ya , nih gua ada lagi tupai eh molor wae takut sakit juga nih setres dah gua

    ReplyDelete
  7. aq punya tupai bernama puyi
    dia mati gara2 makan kecap dan cabe
    q sangat sedih kehilangan puyi dan puyi tax akan tergantikan...
    T_T

    ReplyDelete
  8. tupaiku mencret, gmn ya ngatasinnya? T.T

    ReplyDelete
  9. waduh saya ga ngerti harus diapain :(
    sudah gagal merawat tupai juga :(

    ReplyDelete
  10. setelah banyak yg comment tupai mati, berarti emang kayanya tupai lebih seneng bebas drpada dipelihara :(

    ReplyDelete
  11. tururt berduka ya, semoga puyi bahagia skrg

    ReplyDelete
  12. hal yang sama gua alami .. gua sedih banget :'(

    ReplyDelete
  13. wuahhhh, w malah bru 2 ari ini mlihara tupai, tupai w sering loncat sna/i smbil bswara citttt citttt

    ReplyDelete
  14. Gua juga punya papoy , baru beli kemren bgt , depan bip .... Sama tidur mulu , kagak mau makan .. Akhirnya gua googling , takut makannan nya salah , ternyata bener , dia itu makannya serangga , bukan buah ,,, gua kasih jangrik , dia nya lahap .... Udah mulai lincah sekrg .... :) tupai bisa di piara kok , asal tahu ngurus nya ajja :)

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Wahh .. malah saya pernah ngalamin melihat saat " SAKARATUL MAUT " tupai terbang yang saya pelihara . Masalahnya sepele gara2 " KESELEG " saat minum lalu muntah dan Innalillah, padahal tadinya dia sehat Wal'afiat :'( ... sekarang saya melihara tupai kekes dan kendalanya persis seperti yang di alamin agan TS .. mudah2an saja bisa berumur panjang dan sehat wal'afiat ...

    ReplyDelete
  17. Hikz tupai kekesku (si shofi juga) almarhum sekarang tinggal (si philo), dan bajing/tupai kelapa (si google) kabur karena stres.mudah2an si philo bisa berumur panjang dan sehat wal'afiat.
    jalamong

    ReplyDelete
  18. Ni aq nemu tupai😩 klapa jatuh dr pohon wktu hujan dras mlm kmren,,dua hr sdh ditnganku ,mungkin dia br brumur 2bln dah ad gigi ny,,aq bingung mw ksih ap y ok deh aq kunjungi mbah google katany hrs diksih susu untk kucing atw anjing n g blh susu yg dikonsumsi mnusia hadeehh aq bingung mna ad ditmptku pt shop,aq jd ksih dia pisang ,jambu tp diblender alhamdulillah ia mkn,,tp aq brharap dia cpt bs manjat krn aq ingn kmbliin dia pd indukny ,,yg aq tkutkn ni tupai lom jg bs mnjat eh koid itu yg aq tkutkan 😢doa in y biar dia ttp hidup smpe pd saatny dia lepas bebas ke alamny Amin

    ReplyDelete
  19. gw juga sekarang lagi sedih gan tupai gw perutnya kembung dan sekarang lemas tak berdaya, gw gak tau harus gimana, ada yg bisa tolong cari solusinya?

    ReplyDelete
  20. Tupai saya nama ny boy baru saja lepas padahal sudah jinak. Si boy mudah kaget klo dia kaget lupa sama tuan ny :( miris banget

    ReplyDelete
  21. Tupai saya nama ny boy baru saja lepas padahal sudah jinak. Si boy mudah kaget klo dia kaget lupa sama tuan ny :( miris banget

    ReplyDelete
  22. Tupai gue baru aja mati, padahal semalem sehat lompat-lompat, pagi-pagi nya kritis. Pup nya keluar mulu item terua perut nya kempes -_- megab-megab, mati deh..gue gak ngerti itu kenapa?-_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lu gak kasih makan tu bro. tupai gue sama persis dgn crita di atas..menyedihkan

      Delete
  23. Tupai gue baru aja mati, padahal semalem sehat lompat-lompat, pagi-pagi nya kritis. Pup nya keluar mulu item terua perut nya kempes -_- megab-megab, mati deh..gue gak ngerti itu kenapa?-_-

    ReplyDelete