Monday, July 7, 2008

Ujian Masuk Perguruan Tinggi

Ujian Masuk Perguruan Tinggi adalah hal paling klimaks saat gue duduk di kelas 12. klu diumpamakan film Titanic, seperti saat kapal udah ngaceng ke langit.

Ujian pertama yang gue jalanin adalah ujian masuk Nanyang Technological University (NTU) Singapore. Mereka menyebutnya dengan nama NTU Entrance Test. Waktu itu gue sedikit ogah-ogahan karena gue berpikir klu gue ga bakal bisa jebol nih perguruan tinggi. Tapi iseng-iseng akhirnya gue mendaftar via internet, biaya formulirnya juga murah kok dibanding PT di Indonesia.




NANYANG TECHNOLOGICAL UNIVERSITY aka NTU

Setelah mendaftar, akhirnya selesai dengan pilihan gue:

1st choice: Information Engineering and Media

2nd choice: Computer Science

3rd choice: Computer Engineering

4th choice: Bio Engineering

5th choice: Business & Computing

setelah di kirim data gue, berhubung NTU Entrance Test ga bisa daftar berulang-ulang, jadi klu ada kesalahan harus kirim email ke adm_intl@ntu.edu.sg.

Ya, benar! Pilihan gue salah… karena klu ada dipilihan gue Business & Computing, gue harus ngadepin soal test business, yang setau gue harus bisa berbisnis lewat kertas ujian dengan B. Inggris. Gue nyerah sebelum bertarung.

1st choice: Information Engineering and Media

2nd choice: Computer Science

3rd choice: Computer Engineering

4th choice: Bio Engineering

5th choice: Electrical and Electronic Engineering

itu lah perubahan pertama pada pilihan-pilihan gue…

beberapa haru kemudian, gue mail-in lagi minta perubahan jadi;

1st choice: Information Engineering and Media

2nd choice: Computer Science

3rd choice: Computer Engineering

4th choice: Bio Engineering

5th choice: Art, Design and Media

JRENG!!! Gue nekat milih Art, Design and Media (ADM) yang persyaratannya banyak banget itu. Tapi gue harus coba-coba dan berusaha. Ngomong-ngomong, gue udah rubah-rubah ampe 2 kali, pasti mata mereka mulai menyipit dan menjuluki gue si Indonesia plin plan.

Seleksi pertama yaitu seleksi raport SMA dan NEM SMP, Alhamdulillah gue lolos. Di sekolah cuma ada tiga orang yang lolos termasuk gue (aduh jadi sombong…). Setelah tau gue lolos seleksi raport, tiba-tiba gue jadi semangat pengen dapetin NTU. Akhirnya gue mulai serius belajar Fisika dan Matematika A Level yang sampe skrg masih belum ada yang nyangkut di otak gue satu pun, susah parah! Tiba-tiba gue nyerah untuk masalah teknik-teknik. Gue mau ngejad ADM aja, jadi gue harus memenuhi syarat-syarat mereka;



  1. video 3 menit pengenalan diri, buat seunik-uniknya. Video gue terkesan biasa, cuma gue ngomong-ngomong pake b.ing yang terkadang lidah gue kelipet-lipet, terus sambil senyum-senyum ge-er klu di videoin kakak gue, maklum gue ga bisa akting. Kaku.

  2. portofolio berisi kumpulan seni bikinan gue, untuk yang satu ini gue gebrak aja semua karya gue yang ada di PC, gue kirim semua ke NTU, dari mulai foto-foto editan gue, video editan gue yang mencoba untuk seram, mp3 rekaman gue yang ampe puluhan kali diedit-edit (ngarep bagus), skript bikinan gue yang waktu itu untuk tugas sekolah, gambar manual dengan pinsil, sampe gue kirim video gue manggung. “Itu kan seni juga”, pikir gue.

  3. tulisan berisi profil dan minat kita, gue bikin dengan b.ing karangan gue,terus gue kirim ke bokap untuk diperbaiki beberapa yang salah, namun sayangnya kesalahan berbahasa inggris gue hampir 80%. Terus bokap gue melihat gue bagaikan mengatakan “ih anak gue bahasa inggrisnya kok gitu ya, jadi illfeel…”.

Nah selesai buat itu, langsung gue kirim… biaya kirimnya cukup mahal, tapi ga semahal formulir USM ITB.

Hari yang ditunggu-tunggu pun tiba….

NTU Entrance Test bulan Februari pertengahan

Di Kanisius….


Test 1: Math A Level

Pertama kali dibagiin lembar jawabannya aja males, bayangin lembar jawabannya berupa buku, bukan kertas lagi. Terus ngeliat soalnya, jumlahnya cuma 4, satu soal masih ada soal a, soal b dst. Gue cm bisa ngerjain 2 nomer, eh salah! maksud gue 2 huruf: 1 a dan 1 b. seterusnya wassalam, soalnya susah parah, walaupun mata gue udah gue sipit-sipitin juga tetep aja ga bisa. Akhirnya gue nyoret-nyoret aja di buku jawaban biar terkesan mikir dan berharap NTU mengerti keadaan hati gue saat itu, “pengen masuk NTU,,, oh,,, pengen masuk NTU”. Tapi otaknya ga nyampe. Pas udah terjebak soal-soal susah aga lama, gue berpikir, ngapain ya gue duduk disini bengong, ga bisa apa-apa… terus pantat gue mulai pegel-pegel, ga betah. Saking hopelessnya, orang-orang mah pengen penambahan waktu saat test, klu gue pengen waktu cepet-cepet abis.

Test 2: English

Susah? Ya jelas… tapi klu ini masih bisa diterka-terka lah, dan masih bisa ngemeng-ngemeng. Gue lupa soal-soalnya, yang jelas salah satu soal disuruh bikin karangan tentang penggunaan Internet.

Test 3: Drawing

Ini dia test yang gue tunggu-tunggu…

Tapi ternyata susah loh

Disuruh bikin gambar suasana, bikin komik 4 kotak dan bikin cerita dari gambar-gambar aneh (gambar tapak kaki di pantai, gambar pohon, gambar cewek di deket rumah).

Dalam waktu 90 menit doang….!!!

Test 4: Physic

Sama seperti math A, gue pegel-pegel, kali ini otak gue ikut keram.

Selesai test, gue langsung demam, mual-mual dan melahirkan.

Pengumuman bulan April:

Dua teman gue dinyatakan gagal dan gue masih dipertimbangkan oleh pihan NTU dan baru akan diumumkan bulan Juli. Wah lama banget, tapi gak apa-apa degh, gue udah merasa klu gue bakal dapet, soalnya dipertimbangkan. Liat aja ntar bulan Juli pikir gue.




UNIVERSITAS GADJAH MADA aka UGM

Awal-awalnya gue mau ikut UTUL aja biar murah, cuma 5 juta.. tapi bokap malah menyarankan ikut PBS biar lebih mudah walaupun harganya bisa jauh lebih mahal

Pilihan 1: Arsitektur

Pilihan 2: Arsitektur

Sumbangan: 35jt

Itu lah pilihan gue saat daftar PBS UGM, tidak ada hal menarik dan merepotkan saat pendaftaran. UGM ini satu-satunya kampus yang tidak ribet dalam masalah pendaftaran, perlu diacungi jempol!!!! UGM bae euy.

PBS – TBS

Di Labschool Rawamangun….

Tes Bakat Skolastik UGM bisa dibilang susaaaah banget, semua buku yang gue beli mahal-mahal 70rb ga ada satu-pun yang keluar (padahal tuh buku tulisan keluarga UGM sendiri). Udah gitu saat test gue kebelet kencing, akhirnya banyak yang nembak jawaban-jawaban gue! Wassalam deh…

Seminggu kemudian gue dinyatakan LULUS PBS tahap TBS, dan harus mengikuti PBS tahap Wawancara minggu depan-nya lagi.

Gue bilang ke bokap klu gue LULUS, tapi dia kayaknya ga seneng gitu, no comment.

Waktu mau test wawancara pun gue kurang dapet dukungan, akhirnya gue berangkat sendiri ke Yogyakarta naik Lion Air.

Disana gue bermalam dirumah Riski, adeknya mantan kakak gue. Riski itu anak hukum UGM angkatan diatas gue, orangnya baik banget walaupun bau kenal saat itu juga. Asik pokoknya orangnya.

Keesokan harinya test wawancara, gue dianterin ke UGM… gue liat kampus UGM, wah megah-megah, bentuknya kaya bukan kampus, kaya istana-istana gitu (lebay).

PBS – Wawancara

Gue diwawancarain sama dua orang, bapak dan ibu. Sebut saja bapak UGM dan ibu UGM. Gue ditanya-tanya

Kenapa anda memilih UGM?

Karena menurut saya UGM adalah yang terbaik

Anda akan jauh dari orang tua, padahal anda belum pernah hidup sendiri kan?
justru itu, saya ingin mencoba mandiri

Kamu bisa gambar?

Bisa <- terus gue begonya malah gambar orang, bukan bangunan.

Lengan kemeja anda terbuka, apa memang itu gaya anak JAKARTA?

(glek!!) <- nelen ludah

keluar-keluar dari wawancara, gue merasa wawancara gue sungguh buruk, mana dibilang gaya anak JAKARTA dengan lengan kemeja terbuka. Wah gawat klu gue ga diterima…..

minggu depan…

pengumuman PBS pun telah ada di internet, dan…

Selamat, anda diterima pada:

Program Studi: Arsitektur

Fakuktas: Teknik

WOW!!! Seneng! Gue sujud syukur…

Tetapi berhubung kurang persetujuan bokap, harga yang mahal dan keharusan membayar sebelum Ujian Nasional (UN), akhirnya gue memutuskan untuk tidak mengambil hak gue di UGM.

Bye-bye UGM!





INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG aka ITB

Ini dia kampus yang gue idam-idam kan setelah NTU. Kampus Gajah duduk. Gue sampe ikut bimbel Bintang Merah karena saking pengennya masuk ITB terutama FSRD. Gue ikut USM TERPUSAT, karena USM DAERAH minimal 45 juta, gue ga ada duit sebanyak itu. Formulir USM ITB adalah formulir yang paling mahal yang pernah gue rasain, dan pengisian formulir yang paling ribet pula. Sangat sangat merepotkan… bayangin, alamat rumah aja harus dibulet-buletin. Pegel… urat-urat tangan gue ampe berdenyut-denyut ga keruan. Tapi satu yang patut diacungi jempol, yaitu saat pengembalian formulir yang begitu disiplin dan tertata, ga kaya UGM semberawut.

Pilihan gue di ITB

1.FSRD

2.SAPPK

SDPA 20 juta, hm.. karena gue nyantumin SAPPK juga, coba klu FSRD doang, bisa 5 juta. mahal sih, tapi jauh lebih murah dari UGM.

Saat ini gue ga punya pegangan kampus, gue harus maksimal mengikuti tesnya!

Test 1: Psikotes

Test paling pegel dan bikin lelah otak, ga terlalu susah sih, kaya psikotes biasa

Test 2:

Menggambar 1: gambar suasana

Gue disuruh gambar suasana kampanye pemilihan calon gubernur, beserta arak-arakannya, panggung seni, poster pamflet dan kesemrautan suasana pokoknya. Untung aja gambar gue selesai dan penuh dan hitam….

Menggambar 2: gambar kreatif

Ini dia yang susah, disitu tersedia bentuk-bentuk ga jelas and berantakan kaya iblis, kita harus menggunakan bentuk-bentuk iblis itu menjadi bentuk yang bercerita, ada 8 halaman pula! Gawat… disuruh buat ceritanya pula!!! Ini nih gambar-gambar kreatif gue:

1.Sepatu Roda

2.Kemping (tiba-tiba ada uler)

3.Kereta Dorong (nabrak toples kacang dan berhampuran)

4.Roller Coaster (diatas air)

5.Ponsel

6.Cat Tumpah <- ini yang paling bapuk dan ga kreatif

7.Perahu Mainan

8.Terjun Payung

Gue bingung nyeritainnya, tapi yang waktu itu atau tahun depan ikut juga pasti akan mengerti.

Test 3: Skolastik

Klu dibanding skolastik PBS UGM, jauh lebih susah skolastik PBS UGM.

Test 4:Matematika Dasar

Hm… ga terlalu susah kok

Test 5: IPA Terpadu

Sama kaya test NTU, gue pegel-pegel nunggu waktu abis (karena ga bisa).

Pengumuman pun dateng seminggu lebih kemudian,,,, saat itu gue lagi di PIM abis nonton Shutter sama Akbar dan Tiar.

Di foot court, gue keringet dingin dan ga berani membuka pengumuman, sedangkan disana Akbar udah tereak-terak kegirangan karena dia diterima di FTI-ITB. Gue semakin meciut, walaupun badan gue besar saat itu, tapi hati gue lebih kecil dari semut (lebay 2). Tapi tiba-tiba Ikhsan nelpon gue

cieeee FSRD

gue belum ngecek san!

Cieeee.. udah lo FSRD aja!

GUE BELUM NGECEK!!!

Gue udah liatin tadi!

Glek! WAAA SENENG AMAT GUE!

Dan pas gue buktiin…

No. Peserta USM-ITB Terpusat 2008 anda: “080311219”

Anda diterima di Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB

Waaaaa.. gue girang dan gue meluk-meluk Akbar tanpa tahu malu!!!

Special thanks to MUHAMMAD IKHSAN BASJIR yang udah berniat banget ngebantu gue saat mau menghadapi USM ITB disaat temen-temen gue yang lain acuh tak acuh.




UNIVERSITAS INDONESIA aka UI

Berhubung bokap ngarep gue masuk UI, akhirnya gue ikut UMB dengan pilihan:

1.Arsitektur UI

2.Arsitektur Interior UI

Gue sebenernya udah jenuh banget ama tes-tes gini-ginian, apalahi masuk arsitektur UI tanpa tes gambar, padahal skill gambar mutlak diperlukan untuk masuk jurusan-jurusan itu. Gue sama sekali ga punya perisapan untuk UMB ini…

Gue tes UMB di SMK 29 (STM Penerbangan), dari luar aja tuh gedung udah keliatan tua banget, pas masuk ke gedungnya gue disambut oleh gambar-gambar manis berupa pesawat-pesawat berwarna-warni yang di gambar di tembok sebelah dalam bangunan. Oh soo cute… gue berasa masuk ke arena bermain. STOP EMBI! klu anak STM baca bisa diapain ya? Ntar bisa-bisa didorong ke baling-baling pewasat terus ke iris-iris jadi kaya lembaran-lembaran, terus dijadiin kertas HVS, terus dimasukin ke shredder.

Terus temen gue, si Pya ngomong, “eh katanya klu masuk STM Penerbangan ntar kerjanya jadi tukang parkir bandara”. <- nyolot banget Pya. hHAHAH

Sebelum ujian mulai, gue kan ke WC,

Masuk…

Kaget…

Keluar lagi…

Mikir…

“oh iya STM Penerbangan kan ga ada WC khusus cewek”

terus gue masuk lagi ngatri bareng cewek

terus pipis bareng

hm…

oh ya satu hal yang konyol banget adalah… ceweknya fidik, yang begitu cintanya sama fidik sampe membuat tulisan-tulisan berasa fidik IDOL.


Setipe dengan soal-soal SPMB sebelumnya…

Gue merasa bisa ngerjainnya… (kecuali Fisika)

Tapi pengumuman berkata lain…

Peserta dengan nomer ujian 1082103006 tidak ditemukan dalam daftar peserta yang diterima.

Hm… ga lolos… seneng sih jadinya bokap ga bisa maksa gue masuk UI…

Tapi bokap ternyata berharap banget gue masuk UI…

Dia ga percaya gue ga lolos, udah gue bilang berkali-kali dia masih aja ga percaya…

Sampe akhirnya dia melontarkan kalimat yang menurut gue pedes bagi gue.

“berarti kamu cuma lulus seni rupaan-seni rupaan doang”

ouwch!

Gue berusaha berpikir dingin, mungkin bokap gue masih sedikit kecewa aja…

Lupain…

Tapi…

Ga bisa lupa…





Eh,,, ada satu yang terlupakan….

Bulan Juli pun tiba…

Setelah nunggu 5 bulan (hampir ½ tahun)

Pengumuman NTU pun tiba, via email dan katanya…

We refer to your application for admission to the Nanyang Technological University in academic year 2008-09 and your participation in our entrance examination.

We have carefully considered your application and your performance in our entrance examination. However, we regret to inform you that your application has not been successful. Admission to our undergraduate programmes is highly selective in view of the large number of applications we received and the limited places that we can offer to foreign students.

We appreciate the time and effort you put in submitting your application. We thank you for your interest in our university and sincerely wish you every success in your pursuit for higher education.
BAGUS

ok...

gue amat kecewa, gue sempet benci sama NTU karena udah mainin gue selama 5 bulan ini, gue langsung nyuruh kakak gue ganti desktop background gedung NTU yang udah gue pasang menjadi apa aja, asal bukan NTU.

36 comments:

  1. ayolah, gajah duduk aja. ngapain pindah2

    ReplyDelete
  2. This blog could be more exciting if you can create another topic that everyone can relate on.

    ReplyDelete
  3. itb jd bimbel buat masuk NTU dong? hehe. ya udh, semoga dapet deh mbi

    ReplyDelete
  4. cara ngasih nama di komennya gmn sih mbi? yg diatas komen gua tuh-ikhsan basjir

    ReplyDelete
  5. ngga kok, gue cuma pengen ikut2an aja tahun depan, namanya juga penasaran... tp gue tetep selalu bangga sama GAJAH DUDUK ini.

    ReplyDelete
  6. halo,blokwalking nih.wuih jago bgt.hahaha kalo uda dpt NTU fsrdnya boleh dong bwt saya

    ReplyDelete
  7. hi!salut buat usaha msuk NTU...sprtinya critamu hmpir mirip2 ma aq...met kenal yaw...!^.^prisca.lebihdarikata.bogspot.com

    ReplyDelete
  8. embi, jgn pindah, itb masih butuh foto" narsis lo! hahaahha

    ReplyDelete
  9. hahahahaha ceritanya sakit..poto orang nglahirinn gara2 tes NTU tuh bikinn gw ngakak sambill berak2..hahahahahaa

    ReplyDelete
  10. assalam..lam kenal..mau nanya, sekarang kk kul di itb?SPPnya mhal ya?kata tmenku yg uda di ITB, biaya awal2 2juta persemester. tapi koq sekarang jadi 4jutaan gitu? Mohon informasinya. berniat ke ITB juga nii..makasii

    ReplyDelete
  11. kak,mau nanyasaya sedang ndaftar di ugm lewat pbsdari pengalaman kakak kira kira apa yang membuat kakak ketrima?apa karena nilai kakak bagus bagus ?atau karena tesnya mudah buat kakak? atau tes wawancaranya sukses besar? atau yang lainnya selain itu minta tips dan doanya dong biar saya ketrima tips terima kasih

    ReplyDelete
  12. boleh nanya gak?skrng aq dftar ikut pbs ugm,dri pengalaman ka2k, contoh soal TBS ny itu kya gmn se?trus wktu tes wawancara gmn? pke b.inggris apa indonesia?mhon bantuanya yah...yushev_19@yahoo.com

    ReplyDelete
  13. Soal" PBS UGM kyk apa sih? sm gak kyk UM UGM?makasih..bumikupanas@yahoo.com

    ReplyDelete
  14. Halo2 Salam kenal,Namaku Kadiam, mahasiswa NTU.Aq baca2, kmu pingin banget ya msk NTU,wah wah, SEMANGAT2 yah!!Aq pas sebelum tes NTU, baca2 buku Mat A level, Physics A level, Chemistry A level. Alhasil, banyak juga koq soal2 NTU yg keluar dari buku itu cuma beda angkanya doang sih. Jadi, aq bisa di NTU skrg.Klo tahun depan kmu masuk NTU, aq dah year 4 nih, wakaka, sdh mau cabut dari NTU :)--Kadiam--kadiam88@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  15. paz km tes d ugm..ada tes IPD nya ga ? Bagi2 pengalaman ya ... heheGmn soal2nya ?glazzy_cheesy@yahoo.com

    ReplyDelete
  16. tes PBS gimana ya . . . . ?

    ReplyDelete
  17. kayaknya kita senasippbbbbbbbbbbbbpengen arsitektur tapi di hina2sabara aja

    ReplyDelete
  18. tes tbs pbs ugm tuh susah b9t ya..aku besok ikutan nih pbs juga..duh jadi deg2an psikologi sih klo aku,,hhee

    ReplyDelete
  19. waaah kebetulan gue juga tes NTU tapi yg taun ini, dan mau ikutan PBS UGM juga.. hehe nice post!

    ReplyDelete
  20. boz..aqu tahun 2009-2010 ntar kepengen kuliah di fsrd itb..bisa bantuin gw gak??pliiiss..bagi pengalaman gitu..mau yah?? :)blz..email : obiiii@yahoo.com

    ReplyDelete
  21. Kak,ble tnya gag ni. . .aq iqt pbs 1 maret kmrn, ,dn ktrima di fikom, ,tgl 15 mretx wawancara. .wkt wwncra ka2 ad ksulitan g?n yg di tnyain ap aj ci? ?thx b4

    ReplyDelete
  22. EUY.... kasih apa keke,,ide saran ato apa gitu penen jadi bagian d FSRD ITB nui

    ReplyDelete
  23. kak, tolongin dong.. aku mau masuk FSRD ITB, 5 hari lagi tes y..
    aku mo nanya kak.. apa ja yg di tes kak...?
    gambar apa aja kak..
    bls. please.. sabrina_blueberry@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  24. skolastik psikotes gambar kreatif gambar suasana

    ReplyDelete
  25. kak, aku mau ikut ntu 2011.. kasih info donk

    ReplyDelete
  26. konyol ceritanya!! hahaha ngomong2 gue barusan abis apply NTU nih (ekhm) tpi belom kirim portofolio dll nya nih gue bingung bikinnya kayak gimana....................punya saran gak? truuuus gue jg pingin banget tuh fsrd itb susah gak sihhhh tes nya :O

    ReplyDelete
  27. ceritanya bagus, iri !!!
    boleh nanya gimana sih soal level A itu?
    contoh" soalnya seperti apa?
    masi bngung
    makasi

    ReplyDelete
  28. keren banget critanya....gw br siap tes NTU hr nih bro....matnya n inggris sih gampang ...yg mat bs ngerjain 3 soal dr 4 soal....eh kecaplok fisika jeblok abis bok.....lupa rumus = mati ,ga bs kerjain dhe....wkakakak...

    ReplyDelete
  29. math A nya susah -_-
    fisika apalagi -_-

    ReplyDelete
  30. wah wah..pengalaman yg seru banget.
    pghal harapanku klo kamu masuk di ADM NTU...aku berminaaaaAAAAAAt sangat sangaaat sm ADM...{animasi is the best}

    Tp sayang skrg d ITB//anyway selamat d ITB yee ... berjuang u/ NTU jg !!

    ReplyDelete
  31. itu test masuk NTU bulan februari ya?
    wah udh telat ni

    terus testnya dimana tuh?

    ReplyDelete
  32. Halo bang. Thankyou bgt infonya. Kebetulan aku swasta ngambil telkom university jurusan DKV dinyatain LULUS.
    aku berharap bgt bisa masuj FSRD itb dan SPPAK ITB.
    Dan kita punya kesamaan! pengen Di UI Juga. Arsitektur Dan Ars.interior.
    Seneng banget gara2 blog ini jd termotivasi dan DOAIN BUAT FSRD ITB YA! 2014 AMIN.

    ReplyDelete
  33. Assalammualaikum kak, boleh minta tips buat ujian soal gambar ITB ga ka? Kalo berkenan bisa kirim via email: irufi96@yahoo.com, makasih ka:)

    ReplyDelete
  34. AAAH GUE JUGA BARUSAN UEE NTU

    Gue merod banget cuma ngerjain 9 poin soal mat A level, gue udah stress, tp liat blog ini ngakak banget. Makasih bang udah ngilangin stress gue :')

    ReplyDelete